Kanguru Pohon Mantel Emas Asli Papua

Kanguru pohon adalah salah satu hewan yg unik. Tidak seperti kanguru lainnya yg hidup di atas tanah, ia menghabiskan sebagian besar hidupnya di atas pohon. Sebenarnya kanguru pohon bukanlah termasuk kanguru karena ia memiliki anatomi yg berbeda dengan kanguru, namun ia memang masih berkerabat dengan mereka. Kanguru pohon termasuk dalam famili Macropodidae (berkaki besar) yg anggotanya antara lain kanguru, walabi, & pademelon (sejenis kanguru tanah). Di dunia ini ada sekitar 12 jenis hewan yg dikategorikan sebagai kanguru pohon, tapi pembahasan di artikel ini bakal difokuskan pada kanguru pohon goodfellow (Dendrolagus goodfellowi).

Kanguru pohon goodfellow hidup di wilayah hutan hujan di pulau Papua, termasuk di wilayah Indonesia. Secara fisik mereka punya banyak perbedaan dengan Macropoda (marsupial berkaki besar) lainnya macam kanguru & walabi. Kaki belakangnya tidak sebesar kanguru karena ia jarang berada di atas tanah. Sebagai gantinya, ia memiliki cakar di ujung kakinya untuk membantunya memanjat. Oleh karena itulah ia bergerak amat canggung di atas tanah. Kanguru pohon juga memiliki ekor yg panjang & lentur sebagai alat keseimbangan saat bergerak di antara pepohonan. Ia bahkan bisa jatuh dari ketinggian belasan meter tanpa terluka karena keseimbangan & kelenturannya yg luar biasa. 

Kanguru pohon adalah hewan penyendiri yg hidup di atas pohon, namun kadang-kadang turun ke tanah bila ia membutuhkan makanan tambahan. Tubuhnya relatif ringan (sekitar 7 kg) sehingga ia bisa tinggal di antara cabang pepohonan tanpa khawatir bahaya jatuh karena pohonnya tidak kuat menopang dirinya. Mereka adalah herbivora yg hidup dengan menyantap dedaunan, buah, bunga, rerumputan, & bahkan sereal yg biasanya terdapat di tepi hutan. Kanguru pohon juga memiliki sistem pencernaan yg rumit. Untuk mencerna makanan berserat tinggi seperti daun & rumput, ia memiliki bakteri fermentatif di perutnya yang membantu memecah unsur-unsur dalam makanannya yg sulit dicerna oleh sistem pencernaannya - persis seperti cara pencernaan hewan-hewan memamah biak seperti sapi & kambing yg memanfaatkan bakteri di perutnya. Karena rendahnya kandungan gizi dalam makanannya - utamanya dedaunan - ia harus makan banyak setiap harinya untuk tetap hidup.

Mengenai reproduksinya, kanguru pohon betina yg sudah kimpoi dengan pejantan akan mengalami masa kehamilan selama sekitar 1 bulan lebih. Begitu sang induk merasakan anaknya akan keluar, ia akan menjilati kantongnya agar bersih & duduk sambil melahirkan anaknya (ini juga agar anaknya bisa memanjat sendiri ke kantong). Anakan yg keluar dari vagina induknya kemudian akan memanjat ke kantong. Tidak seperti kantong kanguru yg menghadap ke atas, kantong kanguru pohon menghadap ke depan seperti kantong retsleting pada pakaian manusia. Di dalam kantong induknya terdapat 4 buah puting susu sehingga anaknya bisa tumbuh dengan menghisap air susu & tetap terlindung di dalam kantong hingga 1 tahun. Sesudahnya, kanguru pohon yg masih muda mulai meninggalkan kantongnya, namun ia masih sering kembali ke kantong induknya untuk berlindung maupun menghisap susu hingga periode beberapa bulan. Seekor kanguru pohon goodfellow bisa tumbuh hingga sepanjang 80 cm (tidak termasuk ekor) dengan panjang ekor mencapai 70 cm & berbobot 7 kg. Kanguru pohon biasanya hanya memiliki seekor anak setiap tahunnya.
Kanguru pohon jarang turun ke atas tanah karena ia merupakan sasaran empuk di atas tanah. Hewan-hewan yg biasa memburu kanguru tanah biasanya adalah ular & buaya, terutama bila ia berada di dekat mata air. Bila dikejar musuhnya, kanguru pohon akan melompat dengan gesit ke antara cabang pepohonan lainnya sehingga sulit ditangkap musuhnya. Penduduk asli juga turut memburu mereka baik untuk dimakan maupun untuk keperluan setempat. Belakangan, populasi mereka menurun drastis & masuk kategori mengkhawatirkan setelah mereka diburu memakai senjata api & jebakan modern. Di Indonesia, sejak tahun 1970 kanguru pohon & anggota Macropodidae lainnya seperti kanguru tanah sudah dilarang untuk diburu.




2 Response to "Kanguru Pohon Mantel Emas Asli Papua"

  1. Nico Sanjaya says:
    29 Mei 2016 pukul 14.18

    thanks bro, sangat bermanfaat

  2. Widi Erha Pradana says:
    17 Juli 2019 pukul 01.43

    Selamat sore, saya widi hermawan dari tribunnewsWIKI.com, saya bermaksud untuk meminta izin memakai foto kanguru pohon mantel emas yang ada di halaman anda utuk dipasang di artikel saya.

    Terimakasih sebelumnya.

Posting Komentar